Sabtu, 05 Desember 2015

Amsterdam 2014 (1)

Sekarang gue lagi selo ga ada kerjaan. Mau coba browsing cari kerjaan buat ntar kalau sudah lulus kok sekarang ini belum ada yang pas, mau ngepo orang kok udah kehabisan stok, mau nggosip rahang gue udah sakit ketawa mulu, mau bersih-bersih lagi males, mau olah raga eh sudah malam, mau masak ntar ga ada yang makan, mau baca buku masih eneg soalnya habis kelar ujian dan mau bergaul ke kota ga ada duit :(.  Jadi, gue mau ceritain tentang Euro trip gue tahun lalu. Gue pergi sama 2 temen gue yang ga usah disebut namanya karena gue yakin bakal mempermalukan nama baik mereka :D

Classic Eropa: Kanal, kapal, bangunan tingkat warna-warni
Emang udah basi tapi dari pada sekarang bengong kan ya? :D
Gue pergi ke Amsterdam, Brugge, Brussels, Paris, Madrid, Roma dan Bergamo. Kalau ga salah inget itu sekitar hampir satu bulan. Mungkin ceritanya agak ga lengkap dan maafkan kalau saya ga inget nama-nama tempatnya juga soalnya udah hampir 1 tahun euy :p

Tujuan pertama Belanda. Bagi orang Indonesia yang tinggal di Eropa rasanya belum afdol kalau belum ngunjungin Belanda. Masa cuma baca di buku aja tentang kompeni Belanda. Gue juga pengen buktiin kalau banyak peninggalan masa penjajahan dan orang Indonesia disini. Dan memang iya! sepanjang jalan kenangan di Amsterdam, gue sering denger orang berbahasa Indonesia, yah biasalah turis Indonesia! Takjub gue.. begitu banyaknya. Wah banyak orang kaya di Indonesia! sampai jalan-jalan iseng aja ke Eropa. Jaman gue dulu, jalan-jalan iseng ya ke Malioboro beli dawet dipinggir pasar Beringharjo!

Sudah liat tetangga kanan-kiri belum, mas/mbak? coba ditengok udah makan 'bergizi' belum? :D (Sebenernya gue su'udon, yaah barangkali sebagian dari mereka kan mahasiswa sini ya? atau mahasiswa yang sedang traveling ke Amsterdam).

Lanjoooot.....pertama nyampe bandara di Amsterdam langsung kena serangan jantung (itu masalah gue kalau gue suka berlebihan). Rame banget. Banyak banget orang. Udah gitu bentuknya macem-macem dan gede-gede (secara umum orang Norway ga bermacam-macam sukunya, ga gede karena mereka cenderung tinggi & kurus). Buat gue yang kayaknya rasaya udah 'kelamaan' ndekem di Oslo jadi kaget liat banyak banget orang yang semuanya ngeliatin lo. Serem euy, aku kan kecil disini :D

Di depan Istana
Transportasi di Belanda selalu penuh. Gue ga terlalu seneng sih sama transpportasi disini. Uyel-uyelan dan kasihan kalau liat bayi ditaro di stroller, kayak ga bisa bernafas. Eniwei, tujuan pertama itu langsung tembak ke Sex Museum! ga ada sensor betul disana. Mungkin kalau ada di Indonesia ini museum udah digerebek FpeI, hmmm mungkin ga, karena mereka mungkin Habib Riz__q  bakal asik hengot disana :p. Menurut gue bagus sih, dan pikiran gue ga jadi jorok juga. Analisis sotoy gue mengatakan kalau semuanya diekspos serba berlebihan jadi mungkin kita akan biasa-biasa saja menanggapinya. Entahlah... tapi gue sih biasa aja, malah foto konyol-konyolan. Foto ga usah diupload, ntar gue kena masalah lagi :p


Berikutnya ke istana raja! gue pikir bakalan gede dan heboh. Yah lebih gede dari istana raja di Norway lah. Ternyata mah kaga. Itu ada di tengah kota yang dikelilingi pusat perbelanjaan. Hmmm ok deh.. katanya sih ada lagi di mana gitu yang gede, tapi gue ga kesana. Banyak banget orang naik sepeda juga disini, tapi baiknya ga sebrutal di Copenhagen. Disini masih sopan, di Copenhagen orang naik sepeda ga santai, udah kayak naik motor. Kenceng banget plus ga pada pake helm.

Belum gaul kalau belum kesini

Tujuan berikutnya ke tempat yang ada tulisan 'I Amsterdam.' Kayaknya itu museum gede deh, rame banget. Gue lupa nama museumnya. Gue ga masuk, soalnya bayar! mahasiswa yang sering makan raskin ga mampu bayar sebanyak itu. Disitu gue ketemuan sama temen gue yang udah 5 tahun ga ketemu! Anjiiir ga ada yang berubah. Muka dia masih awet muda walaupun udah punya anak, padahal jarak umur dengan gue lumayan jauh. Aku mau juga jadi muda dong.. pokoknya aku harus jadi MILF yang ga pake operasi! :D

Classic Belanda: Kanal, apartment dan sepeda
Terus kita jalan ngelilingin daerah itu dan ngopi-ngopi cantik bersama cewe-cewe. Lupakan laki-laki untuk sementara, bikin sakit kepala aja. Coffee shop disini lebih bagus dari Oslo dan pastinya lebih murah. Pokoknya kalau keluar Norway apa-apa jadi lebih murah, hmmm mungkin ga jauh beda sama Swiss.

Habis itu ke Christmas market. Gede banget, bro! di Oslo cuma 300 meter Christmas marketnya. Disini banyak yang jual jajanan juga dan barang-barang antik mbah gue juga ada disini kayak piring, gelas, dan teko gitu. Jadi inget rumah dikampung nenek gue di Jogja yang juga tempat lahir gue (gue lahir dirumah dan ditanganin dukun beranak, tetangga nenek gue) yang sekarang udah hancur kena gempa beberapa tahun yang lalu. Sediih... tapi itulah hidup. Move on sekarang...

Habis dari pasar (christmas marketnya mirip pasar), kita ke Red Light District. Tempatnya ga serem ah menurut gue. Biasa aja. Banyak banget mbak-mbak semi bugil dipajang di kaca buat 'dipilih' pelanggan. Jujur malah gue kasihan. They do not look happy. Ya iyalah, siapa yang seneng diliatin dari atas-tengah-bawah sama semua orang. Disana juga bau ganja. Dimana-mana bau ganja. Malah ada beberapa kafe khusus buat ngerokok ganja (gue ga ngerti gimana buat bahasa yang bener buat deskripsiin ini). Pokoknya disana menarik, ga seserem seperti apa yang digambarkan orang-orang. Bahkan banyak anak kecil yang dibawa kesana buat jalan-jalan juga. Pokoknya kalau gue punya anak, mereka harus kesini! biar tahu, ada kehidupan yang kayaknya diluar sana menilai tempat ini sebagai tempat kotor, hina, atau buat have fun. Padahal aslinya serba terbalik, jadi orang itu jangan selalu ngasih penilaian dari luar. Looks can be deceiving, bro! kayak lagunya Taylor Swift :D

Pokoknya Amsterdam ok lah. Disana lebih multicultural dari pada Oslo. Banyak banget imigran. Rumah makan Indonesia juga banyak, tapi tetep rasanya beda. Enakkan di Indonesia lah kemana-mana. Tapi kalau bagi orang yang udah biasa tinggal ditempat sepi kayak gue di Oslo (bagi gue Oslo sepi, bagi orang Norway kebalikannya), bakal kaget pergi ke Amsterdam.

Angin di Amsterdam juga gede banget! jadi siap-siap pipinya merah. Dingin sih ga terlalu (menurut gue yang tinggal di kutub), tapi anginnya itu loh gede betul. Tapi disini banyak hiburan sih, kotanya juga enak buat jalan, cuma rada rame. Bagi turis Indonesia kan semakin rame semakin asik :p

Pokoknya gue pengen balik ke Belanda, tapi mungkin coba kota yang lain selain Amsterdam. Karena menurut gue Amsterdam udah international, gue pengen ke kota dimana ga banyak orang asingnya. Dan ga tau kenapa gue sering banget dapet kontak sama orang Belanda dimana-mana. Bahkan di Oslo gue kenal 4 orang Belanda. Selama ini sih baik-baik. 2 jadi temen baik. 1 masih disini, gue belajar bahasa Norway sama doi, dan doi belajar bahasa Indonesia sama gue. Hasilnya? doi lebih pinter berbahasa Indonesia, dan bahasa Norway gue? yaaah cukup buat beli kopi!

Barang-barang mbah gue di pasar sini :D
Mungkin tingkat kesulitan bahasa Norway yang jauh lebih sulit dari bahasa Indonesia. Kalau mau sekedar ngomong mah, gampang buat belajar bahasa Indonesia. Tinggal tempelin aja kata per kata. Dan gue ga belajar banget juga soalnya sibuk kuliah! :D

Mungkin itu dulu, gue cape euy.

Berikutnya cerita di Brugge, Belgia...


xoxo






2 komentar:

  1. Asiiikkkk. Klo punya ank disuruh k red light.. sma papanya klo bisa haaa

    BalasHapus
  2. Iya dooong... sekalian cuci-mata bapaknya :D

    BalasHapus