Sabtu, 25 Oktober 2014

Hey, ga semua orang Norway itu dingin!

Hai! 

Barusan gue ngalamin epic night. Jayus... ga jelas. 

Dimulai dari siang-siang gue lagi belajar, tiba-tiba temen gue orang Indonesia sebut saja namanya mas Cumi bilang mau ngajakkin gue ke pesta, namanya Høst Party. Katanya sih orang-orang dipesta itu kerja di NGO, jadi bukan anak-anak alay yang demen mabok dengan pesta yang pake musik kenceng-kenceng. Jadi gue iyain. Lumayan, lagi depresi stadium 1 gue. Kebanyakan belajar tapi ga pada masuk, tekanan ujian yang ntar bentar lagi dan cuaca yang mendung dan hujan mulu tiap hari. Suasananya bikin mellow pokoknya. Orang-orang dirumah gue gila semua. Si tetangga sharing WC orang Norway itu ansos, si Serbia yang super moody, si Inggris yang berantakan, cuma 2 orang Italia aja temen gue sama 1 orang Afrika, tapi doi sibuk dan gue mulu yang ngajak ngomong. Lama-lama gue males. Makannya butuh hiburan. Cuma di Oslo hiburan kebanyakkan ya ke pub/bar buat mabok. Bosen.

Akhirnya jam 3 sore mas Cumi datang. Karena kita berdua kere bulan ini. Beasiswa gue belum turun, jadi gue beli-beli pake recehan-recehan yang sisa bulan-bulan lalu dan si mas Cumi kayaknya duitnya habis buat beli rokok yang harganya mahal disini dan beasiswanya belum turun juga. Jadi dia bilang kita berdua semacam gelandangan di Oslo sekarang. Sering numpang makan sana-sini (ga numpang sih, cuma temen-temen pada pengertian suka ngasih makan hehehe ). Sampe beli pulsa pun kita tak mampu!

Jadi, siapa bilang hidup di luar negeri itu enak? masih enak di Indonesia untuk masalah beginian.

Terus setelah sejam dirumah gue buat cari petunjuk arah cara kesana yang lumayan jauh, akhirnya kita ke rumah temen Indonesia yang lain, sebut saja namanya Sri yang baru saja pulang dari jalan-jalan di Belanda dan bawain kopi banci (kopi instan dari Indonesia yang mereknya semacam Torabika, Nescafe. Kenapa disebut kopi banci? soalnya rasa kopinya ga sekuat rasa kopi item :p. kopi kok manis. Banci. ) dan wine pesenan si mas Cumi. Saking kerenya, gue nge FB temen Indonesia gue yang tinggal didaerah sini juga, sebut saja namanya si Marni buat nanya nomer kamarnya si Sri yang gue selalu lupa. Gue suruh si Marni tlepin si Sri. Sumpah kere abis.

Sampe rumah si Sri, kita ngomongin filosofi jamban! hidup kok yo ngomongin jamban, budhe! ya begitulah cara menghilangkan depresi. Ngomong mbahas topik ngalor ngidul ga karuan. Sampe si jamban, jenis-jenis jamban di negara barat dan dibandingkan dengan di Indonesia, cara jongkok bule vs Indonesia kalau boker, cara cebok ala bule yang pake tissue dan Indonesia yang dulu jaman bahula pake daun dan sekarang yang pake air dan jenis tai yang sering makan nasi atau roti pun dikupas abis sama mas Cumi. Sakit kayaknya.....

Setelah dibujuk, Sri mau ikutan juga ke Høst Party itu. Di bus, kita janjian sama Tuti, temen Indonesia lainnya yang satu program sama si mas Cumi. Cukup njelimet cari rumah party itu, karena harus ganti kereta 2 kali, bus 1 kali dan jalan 'mblasuk-mblasuk.' Tapi daerahnya bagus, diatas bukit gitu jadi bisa liat Oslo dari atas dan juga sepi banget (of course Oslo sepi!!!).

Setelah disambut si host partynya (orang Perancis) yang ternyata bisa berbahasa Indonesia dan punya banyak barang-barang Indonesia kayak sarung, bantal, lukisan, buku dll gue ngerasa nyaman disana. Orangnya juga welcome. Bok, gue sama si Sri cuma diajak si Cumi sma Tuti doang dan ga kenal si embak Perancis ini sebelumnya, dan dia masak banyak buat tamu. Gue kaget, orang Norway macam apa yang masak banyak buat tamu dan tamu ga bawa apa-apa dipersilahkan? (mungkin ga semua orang Norway, tapi yang gue temui semuanya selama ini gitu). Jadi si mbak Perancis ini masak kue banyak banget, dari brownies, kue yang ada salmonnya, es buah versi doi (campuran wine, buah-buahan) dll buat tamu. Gue merasa bersalah ga bawa apa-apa. Aaaah dia pasti sudah tau kalau mahasiswa itu kere. Jadi lumayan makan gratis!

Gue tanya cowo Perancis yang ada disana kalau budaya pesta di Perancis gimana, dan dia jawab kalau di Perancis orang ngadadin pesta biasanya yang punya acara sediain makanan dan minuman buat semua. Ga kayak di Norway yang setiap tamu bawa makanan dan minuman sendiri-sendiri terus diuntal sendiri. Krik.

Tapi gue ngerti sih, soalnya makanan dan minuman di Norway mahal. Jadi orang yang ngadain pesta ga mungkin nyediain 20 beer buat 20 tamu. Mahal. Mau cari temen aja kok ongkosnya mahal ya?

Penjelasan si cowok Perancis itu bikin gue ga merasa bersalah ga bawa apa-apa. Orang tamu tak dikenal datang ke pesta orang sembarangan ambil makanan dan minuman terus pulang tanpa bantuin beres-beres. Kurang ajar ga tuh?!?! :p

Akhirnya tamu-tamu pada datang... ada orang-orang Norway, Perancis, Spanyol, Serbia, Jepang dan Indonesia. We could get along well...everyone talked to each other. Terutama orang-orang Norway, yang dikenal dingin. Eh kaga tuh, malah mereka ngomong terus, ramah banget dan lucu. Kita disana bener-bener ngobrol, ga kayak ngobrol di club yang ga ada artinya menurut gue soalnya banyak yang mabuk dan musiknya kenceng jadi ga denger, dan besoknya ga saling sapa. Pura-pura lupa, atau lo ga penting buat dia? ya alasan kedua lebih masuk akal. Tapi orang-orang di Høst Party itu keliatannya bersedia buat menjalin pertemanan bener-bener teman. Malah ada cewek Norway yang bikin kue ini dibawah ngundang gue sama temen-temen dari Indonesia buat bikin roti dirumahnya, cowok Norway yang kuliah Hukum mau main ke perpus kampus gue, temen si cowok Perancis yang bisa bahasa Indonesia mau diundang ke party lainnya kalau ada lagi. Nah..indikasi seperti itu positif banget. Ga susah cari temen di Norway kalau sering datang ke acara house warming party gituan. Soalnya orang-orang bener-bener ngobrol, duduk manis, bahkan tadi banyak yang selonjoran dibawah sambil ngobrol beneran. Kagak mabok. Bagi gue mabok gpp asal sama temen-temen jangan sendirian di pub, cuma ga jadi suatu keharusan yang elo 'harus' mabok 1/2/3 kali seminggu juga.

Yum... ini enak banget. Ini kue asli Norway dan gue mau diemailin resepnya. Yay! 

Pokoknya gue seneng sama party semacam itu. Kayakya gue sama temen-temen gue mau undang mereka buat datang ke acara kita, lagian roomate gue si cowok Italia juga mau ngadain party dirumah. Bosen dia kayaknya liat anak muda begajulan mabok di club ga jelas, ga bisa dijadiin temen. Makannya mending kenal temennya temen elo yang uda jelas baik. Resiko lebih kecil.

Si Tuti sampe ngajarin bahasa Indonesia sama mas bule sebut saja namnya si Alex! doi seneng banget bisa 'dikit-dikit' berbahasa. Please, jangan kasih ke gue buat ngajarin bahasa Indonesia, atau gue bakal ajarin bahasa-bahasa kotor :p. Dipikir dia dan beberapa orang Norway kalau bahasa Indonesia itu hurufnya kanji atau semacam huruf Thailand dan logatnya naik turun semacam Cina, ya bahasa-bahasa Asia yang begituan deh. Lagi-lagi dikira sama seperti bahasa negara tetangga ya? hello??? bule-bule keluar negeri dong, jangan di comfort zone aja di negara elo. Banyak banget yang elo ga ngerti diluar sana ada apa aja............... banyak cewek cantik yang ga mirip barbie Norway!:p

Terus jam 12 malam kita pulang.....

Harus lari soalnya harus ngejar kereta. Kita pulang bareng 2 cowok Norway yang ternyata sodaraan!!! hadeeeh ini mas-mas bule jalannya cepet banget! Kita berempat, gue, Sri, Cumi & Tuti lari tunggang langgang sampe ngos-ngosan! epic! habis nyelonong ke pesta orang yang ga dikenal, numpang makan karena kere, dapat banyak kenalan, puas, pulang lari kepontang-panting setelah kenyang ngejar kereta! belum lagi waktu ngelewatin jalanan becek...duuh ga ada ojek! benyek....

Ternyata keretanya berhenti di Majorstuen. Gue harus ganti ring soalnya rumah gue berlawanan arah sama temen-temen gue. Mas Cumi udah ngajakkin naik kereta yang sama aja biar kita bisa barengan turun di Oslo S dan naik bus dari sana, cuma gue ga mau soalnya ntar tambah jauh, jadi gue nyebrang ganti ring sendirian. Kata si mas Cumi kereta gue bakal datang jam 00:45.

Merekapun pergi bersama, gue sendirian nunggu kereta gue yang berlainan arah sama mereka. Si Sri bisa pulang sama gue, cuma dia mau ke club jadi ke kota bareng yang lain. 30 menit kaga datang tuh kereta, 1 jam juga kaga datang. Perasaan gue udah ga enak banget, kanan gue isinya abege alay hangover. Yang cewek muntah sampe banjir. Kiri gue mas-mas duduk manis mainan hp, pengen gue tanya ttg kereta datang kapan. Ga tahan ngeliat abege mabuk dan muntah si mas-mas sebelah kiri gue geleng-geleng kepala sambil ngeliatin gue. Gue tanya aja, 'Hey, do you know what time is the last train?." "Are you going to take the train number 5?." "No, I am going to take number 6." "Then I don't know. I never use the metro cause I always drive or catch a taxi." "Okay, then. I wanna go to Kringsjå, so do you know which bus that is gonna take me there?. "I don't know, sorry."

Modyaaaar.... udah jam 1:30, kakak! sendiran, kedinginan, ga punya uang, ga ono pulsa. Ga mungkin naik taxi. Mahal. Bisa ga makan minggu depan gue. Urip pancen rekoso.

Akhirnya gue jalan ke pangkalan bus ke arah Sogn, tapi lampu tanda bus datangnya udah mati. Sekeliling gue isinya orang-orang teler (kalau jumat dan sabtu malam orang Norway pada keluar buat mabok). Mau nanya siapa ini? eeeh malah ada mbak bule yang nanya arah ke gue? meneketehe, mbak? ga tau muke ane Asia? pastilah turis...... turis kere.

Akhirnya gue kekanan, ke pangkalan bus lainnya. Ga ngerti bahasa Norway, akhirnya gue nanya mbak-mbak disana kalau mau ke Kringsjå naik apa, eh si doi ga tau malah nyuruh gue ke depan MC Donald soalnya ada pangkalan bus. Gue jalan kesana dan...boooom! kaga ada apa-apa. Tipu-tipu nih. Kalau ga tau bilang aja ga tau dong, ga usah coba-coba sok tau. Gue kan capek jalan jauh malam-malam kedinginan lagi. Akhirnya gue balik ke pangkalan bus lain didepan mbaknya tadi. Gue mati kutu ga ngerti apa-apa nama daerahnya ini apaan yang terulis banyak banget di papan tempat tunggu bus itu. Nyerah usaha sendiri, gue pun nanya orang. Ada mbak-mbak bule cantik-cantik bertiga, tomboy semua dandaannya kecuali make up yang tebel dan badan yang bongsor gue tanyain. Eh mereka malah ga tau daerah tempat tinggal gue. Ternyata mereka bukan dari Oslo, tapi dari salah satu daerah semacam Bantulnya Oslo gitu.

Mereka baik banget, bantuin gue cariin bus, ngeliatin jam, browsingin, dan ngajak gue ngecek di pangkalan bus lainnya. Hasilnya? Nihil.

Akhirnya gue tanya, kalian mau kemana? jawab mereka National Theatre. Akhirnya gue putusin ikut jalan sama mereka bertiga ke National Theatre biar bisa ke Oslo S buat naik bus. Mereka pun ternyata ga begitu tahu daerah Oslo dan kita jalan jauh banget dari Majorstuen ke National Theatre. Gue ngikut aja dari pada ga sampe, percaya aja deh. Padahal feeling gue bilang lurus aja terus sampe kok, eh mereka belok-belok jauh. Dan feeling gue bener setelah gue konfirmasi sama si Sri pulangnya.

Mereka baik banget. Nanyain gue dari mana, ngapain disini, nyaranin ke tempat-tempat baru, cerita-cerita. Pokoknya jelas banget mereka seneng banget ketemu foreigner! ya kayak orang Indonesia yang kenal bule, sok akrab banget. Waktu sampe daerah pusat perbelanjaanpun mereka bilang, "If you wanna shop, you go here. If you wanna buy cheap clothes, go to H & M. If you wanna buy this go there...bla bla bla." Gue iya iya aja sambil bilang, "Oh...okay. Wow, that shop is really cool! I will come here! bla bla bla." Padahal batin gue bilang, "Wis ngerti.... aku wis tau rene!." :p Tapi keliatan lugu banget mereka, dari cara nanya, jenis pertanyaannya, responnya keliatan mereka masih polos. Waktu gua tanya kuliah dimana, jawabnya, "We're still in highschool. We are 18!." Maaaaak, muke lo tuwiiiirrr, bodi lo bongsoooor!

Karena 2 diantara mereka kebelet pipis jadinya jalannya cepet banget. Tungguuu...kaki gue pendek ga bisa ngangkang lebar-lebar! dan mereka udah nyoba masuk seven eleven buat numpang pipis tapi ditolak, jadilah tambah lebar tu langkah. Kata salah satu dari mereka sih, "Wah gue udah kecret nih!." Waduuuh... jangan ngompol, adik!

Akhirnya sampailah kita di deket National Theatre. Merekapun say goodbye dan katanya mereka udah ngelewatin club yang mau mereka datangin. Loh, kenapa ga ninggal gue aja disana toh gue udah bilang kalau gue tau ini dimana jadi ga usah ditemenin. Mereka bilang gpp, kita temenin aja dan mastiin kemana gue harus jalan harus bener dan bus apa yang gue naikkin harus bener. Waduuh baik banget ini adik-adik. Makasih ya, Marriane, Stine and Aurora! jangan mabok-mabokkan yaa di club! kakak sudah sampe rumah nih :)

Sebelum gue mengalami petualangan malam-malam ini, gue sempet bilang sama si Mas Cumi tadi sebelum berangkat, "Kayaknya gue harus nyasar dulu sendirian deh biar tau jalan. Ngekor mulu gue, jadi itu-itu aja yang gue tau jalannya." Nah...sekarang kejadian beneran! gue nyasar sendirian dan surprise! ketemu orang-orang Norway yang baik-baik mau nganterin :) Jarang-jarang loh mereka baik sama orang asing kalau ga kenal.

Gue jalan sendiri ke Oslo S. Dari Karl Johan sudah ditebak banyak yang mabok dijalanan (ini orang tua Indonesia yang baca ini pasti ga rela ngirim anaknya ke Norway buat belajar, yang gue omongin kok mabok-mabok mulu soalnya :p) dan ada cewek pingsan ketabrak ditengah jalan. Ada cewek nangis-nangis sambil tlep, cowok jalan sempoyongan dan beberapa pelacur Nigeria dijalan cari pelangan.

Sampai Oslo S juga, dan bus gue masih 45 menit. Setelah gatal nunggu 15 menit sendirian berdiri, gue balik arah mau cari tempat duduk. Tiba-tiba gue liat Sri! Dia nanya, "WOEY!!! Ngapain lo disini? gue pikir lo udah dirumah bobok anget." "Kagak, gue ketinggalan kereta dan dianterin adik-adik SMA jalan sampe sini!."

Epic.... random banget ketemu Sri yang pulang dulu dari club.

Kitapun pulang.... mampir di rumah si Sri dulu makan Indomie goreng oleh-oleh doi dari Belanda. Yay!

Intinya nih, kata siapa orang Norway itu dingin? iya ada, tapi ga semua. Masih banyak yang baik dan ga sedingin es di kutub utara. Cuma, harus bisa dapat link buat kenal mereka soalnya mereka ga akan/malas/malu kenal sama orang asing dulu. Elo tamu, elo yang harus menyesuaikan. Lain cerita sama si adik-adik manis SMA itu, mereka baik soalnya mereka liat gue kasihan kali ya? hahaha ga lah, yakin gue anak baik-baik mereka.

Udah ye, jam 4:30 nih besok gue mau breakfast sama temen-temen kelas gue. Ini yang gue demen, kita deket satu sama lain. Jarang-jarang classmate deket kan?


PS: Nama-mana diatas adalah nama samaran soalnya kalau ga, gue bakal dilempar jamban seisi-isinya sama mereka :D


Cheers,

xoxo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar