Kamis, 21 Agustus 2014

2 Minggu Pertama di Oslo

.....masih betah.

Seru banget disini (2 minggu ini) banyak yang baru. Lingkungan baru, kebiasaan baru, gaya hidup baru, makanan baru, & orang-orang baru yang makin hari makin nambah mulu jumlahnya. Sortirannya ntar deh, ntar juga ketahuan mana yang beneran temen dan mana yang cuma numpang lewat doang yang penting sekarang tampung dulu aja semua :)

2 minggu terakhir ini gue habisin hidup gue buat jalan-jalan menelusuri Oslo. Setelah gue pikir-pikir mah kaga jauh juga muterin Oslo. Kerasa jauh soalnya gue jalan kaki mulu kemana-mana. Coba naik motor, kalau di jogja tuh berasa Gejayan ke Kaliurang aja. *lebay*

Gue udah mulai biasa kemana-mana jalan kaki (kalau bisa sih ngesot pake sepatu roda biar cepet dan ga capek) dari flat ke t bane (itu tempat buat nungguin kereta). Jalannya nanjak, jadi kalau mau pergi harus senam jantung dulu ngos-ngosan belum lagi kedinginan kena angin yang gede. Yah padahal niat awal pindah ke Eropa itu sih salah satunya biar bisa pake baju semau gue, yang mini-mini dan tank topan aja. Disini kan ga ada yang resek negor. Eh ternyata sampe sini, kaga bisa pake baju yang serba mini soalnya dingin! emang niat buruk selalu tidak direstui :)

Gue ada rencana buat pindah dari flat gue soalnya kemahalan. Buset nih kamar yang paling mahal seumur hidup gue. Kaga pernah gue dapat gaji sebanyak harga sewa flat gue ini. Sebenernya enak sih disini, begitu buka jendela gue dapat pemandangan bukit (walaupun depannya tong sampah gede) dan dapur bareng ber 6 yang bersih. Gue juga ga keberatan sama orang2 yang super individualis dan kesannya ga mau kenal sama yang lain disini, juga gue sharing wc sama cewe Norway yang super anti sosial itu soalnya doi bersihan anaknya...eerrr menuju OCD. Cuma ya bok mahalnya itu ga ketulungan, apalagi nih mulai ada 1 orang tetangga gue orang Serbia yang resek.

Itu normal banget buat mahasiswa yang tinggal di flat buat ngunjungin satu sama lain dan ngobrol-ngobrol, ngeteh, ngebeer, ngopi atau masak di dapur. Kemaren temen-temen gue ber 5 datang ke flat gue dan kita ngobrol di dapur tiba-tiba si cewe tetangga gue orang Serbia negor kalau gue kaga boleh bawa temen-temen ke dapur. Dia bilang dapur itu buat makan dan masak, bukannya buat sosialisai. Kalau mau sosialisasi itu di pub atau bar. Langsung aja gue bilangin, "Kita mahasiswa kere, kita ga punya duit buat nongkrong dan beli beer di bar setiap hari. Lagian dapur ini kan dapur umum, dan di flat lain juga sering buat nerima tamu, jadi gue gantian dong nge-host temen-temen gue."

Bahasa Inggris dia emang jelek, gue ga ngerti dia ngomong apa, terus dia malah nyaut,

"Oh, lu semua ga punya duit buat ke bar?."

Anjiiing pengen gue sikat mulutnya pakai sikat wc gue. Untungnya ada cowo Uganda di flat gue yang masih masak juga belain gue,

"Gpp bawa teman disini, kan asik banyak yang datang."

Gue juga nanya sama tetangga sharing wc gue si cewe Norway yang ansos itu, dia bilang,

"Gpp lah, lo disini bayar, lo bisa ngapain aja semau lo."

Nah lhoo.... dasar resek tuh cewe Serbia!

Dia itu juga yang paling jorok. Kalau habis makan pasti sisa makananya dibuang di wastafel. Yang bersihin si cowo Uganda itu. Emang tuh cowo baik banget. Ini perspektif gue ya, waktu di Jogja gue suka kabur dan menolak buat deket-deket atau berteman sama cowo2 dari Afrika. Bukannya gue rasis ya cuma pengalaman gue berkali-kali sih mereka itu selalu minta lebih.. malah ada yang sempet ngelamar. Buseeeet ngana pikir nawar harga kutang di pasar Tiban? sembarangan...

Tapi si cowo Afrika di flat gue tuh baik banget, doi paling rajin dan pinter masak. Masa sampai bisa bikin kue-kue kayak yang dijual di cafe2? gue pernah dikasih 1 enak banget boow. Dia juga yang paling rajin bersih-bersih. Pokoknya orangnya bersihan dan yang paling penting ga creepy kayak cowo2 Afrika gue temuin di Jogja. Makasih mas, stereotypenya sudah ilang dikepala gue berkat elu.

Sebenernya ada enaknya ada enggaknya sih tinggal dimana-mana. Mungkin ada yang murah banget tapi harus sharing wc ber 6. Aduuh kaga deh kalau ber 6 dan lagi tempatnya juga mungkin ga nyaman. Tapi beneran tempat gue kemahalan coy. Gue baru bisa ngajuin pindah ntar Desember. Bayangin kalau gue jadi pindah itu musim salju angkut-angkut barang naik turun lift dan tangga >,<

Sekarang sih masih 2 minggu masih bertahan aja lah gue, walaupun orang-orang disini individualis dan ada yg yang resek tapi yang penting kaga ada bayi di flat ini. Kayak flat temen gue orang Indo juga, flat doi sebelahan ama gue, eh disana tinggalah satu keluarga yang punya 3 balita. Doi dan beberapa orang di flat itu misuh-misuh terus gara-gara si bayi suka nangis kalau malam dan tentunya ganggu kalau lagi pada belajar. Gue pernah liat si balita2 itu, unyu-unyu sih cuma yang suka nangis mukanya nglawak banget deh, mau gue cubitin karena gemes juga ga sampe soalnya dia itu nyebelin dan suka banget ribut.

Disini gue juga jadi rajin masak. Yang lain masak sekali buat 3 hari, kalau gue sekali masak ya sekali makan. Hahaha maklum lagi nganggur. Juga gue lagi belajar masak disini. Gue beneran hopeless minggu pertama. Makan diluar mulu, kalau masak yang instan-instan. Lama-lama jadi tekor kalau keseringan jajan. Gue juga selalu ngajak temen buat masak biar bisa belajar juga. Apalagi kalau gue ketemu orang baru, hal pertama yang gue tanyain itu, 'bisa masak apa aja lo?,' Kata temen gue dari Belanda, 'Elu nanyanya itu mulu, mau minta makan ya?.' Hahaha kaga lah, gue cuma mau tahu resep-resep aja tanpa harus baca resep di internet. Malesin soalnya pake takaran-takaran segala... gue kaga punya penakarnya... nakar pakai perasaan aja kenapa sih? :p

Yah, pokoknya seru juga belajar masak, jadi bisa ngitung-itung sendiri jumlah kalori, vitamin, dan gizi setiap hari. Lagian kalau masak disini ga mahal. Itunganya sama kayak makan diluar terus di Jogja. Cuma yang nyebelin nih, kalau lagi dijalan lapar harus buru-buru pulang naik kereta atau bus terus pake jalan dulu sampe flat masak dulu baru bisa makan. Kalau di Indo sih ya tinggal melipir aja ke tempat makan tergantung duitnya, ada banyak ya ke yang mahalan kalau lagi kere ya ke angkringan. Banyak pilihan pokoknya disana. Tapi ya, dimana-mana juga banyak pilihan cuma bagaimana elu nyikapinnya aja. Disini semuanya rapi bok, ga liat ada sampah berserakan dijalan, cuma gue aja yang suka buangin rambut-rambut rontok gue dari atas jendela flat. Semoga ga ada orang yang iseng lagi mangap dibawah :p

Pelajaran hidup yang gue dapat disini itu yaitu hal-hal kecil itu penting banget dihargain. Di Indonesia begituan suka luput perhatian. Contohnya, disini makan Indomie jadi barang mewah. Murah sih disini satu biji cuma 8 ribu cuma makannya enakkan bareng-bareng sama temen-temen Indonesia juga biar rahat. Hal lainnya, makanan sederhana jadi barang mewah disini, kayak waktu itu gue ga boleh masuk ke bar gara-garanya temen2 gue bawa beer banyak ditas, mereka mau kita buang beer itu. Yaelah mending pulang, akhirnya kita stuck di flat temen yang ada di daerah deket2 cafe situ dan makan seadanya. Bagi yang kaga bisa masak kayak gue ini itu barang mewah. Ga bisa beli diluar, mahal dan ga enak. Apalagi posisinya kita kelaparan setangah mati habis dari jalan jauh, kehujanan, kedinginan, masih masak dan nunggu matang itu bisa nyulut emosi banget. Di Indo mampir aja ke warteg, Disini? harus pulang dulu, masak dulu, nunggu dan nyuci piring segala. Tapi ya bok emang harus belajar begitu biar ga manja.

Tambahannya, kalau kemana-mana ga bisa independen semau gue berasa punya mobil atau motor sendiri. Disini orang-orang naik kereta, bus atau tram. Jarang yang pake mobil. Bagusnya, transportasi umum rapi sekali disini, ga ada macet, udara oke. Gue belum sakit disini. Biasanya kalau kecapean kena ujan langsung drop, eh disini kaga tuh. Sehat-sehat aja loh. Paling cuma bibir kering doang. Biasalah kurang air sama vitamin C.

Begitulah.. semoga gue makin betah ya! Mau mandi dulu, baru sadar belom mandi dari pagi, sekarang udah mau malam padahal tadi habis Yoga (tapi kaga keringetan). Jadi lupa mandi deh...

xx


Nih pemandangan dari kamar gue, ini yang bikin flat gue mahal. Kayaknya gue makan ini pemandangan sama ada liftnya, maklum flat gue lantai 4. Tapi liftnya kaga manusiawi banget, kayak lift angkut barang. Pemandangan ini bagus ya tapi kalau kebawah lagi tuh ada tong sampah gede, segede gambreng. Tiap hari gue liat tuh isi tong sampah. Sering banget ada orang yang ngorek-ngorek sampah. Kebanyakan sih mahasiswa, mereka ambilin tuh kaleng-kaleng atau botol-botol beer. Katanya per biji 1 kroner. Lumayan kalau dapat 20 gitu kan bisa buat beli tuna 6 kaleng yang first price (first price itu merek yang paling murah, jangan coba-coba roti sandwichnya. Murah 12 ribu dapat 4, tapi kalau dimakan rasanya kayak karet dan keras. Rahang gue sakit banget 4 hari makan roti itu berturut-turut).

2 komentar:

  1. Maaaakkk, I like your story much :D
    Keep sharing your experience there ya mak ;)

    BalasHapus
  2. Makasih tante... kowe punya blog juga? pasti blog buat galau ya?

    eh udah tak update lagi tuh.. cek cek...

    BalasHapus