Selasa, 26 Agustus 2014

Hore-hore (belum) berakhir...



 Baru hari ke 2 kuliah udah rada kongslet otak gue. Tapi kuliah gue seru disini, apart from the hectic schedule and the heavy readings!

Hari 1 kemaren dosennya masih muda & gayanya lawyer banget. Keren pokoknya. Emang sih dia bilang kalau akan buat cara berpikir kita kayak lawyer dan bukan berarti harus jadi lawyer juga. Hari kedua tadi dosennya punya background Antropologi dan mata kuliahnya ada hubungannya dengan filosofi banget. Kelas kedua bagus buat self-development. Menurut gue, sebelum orang benerin orang lain, sekitarnya atau masyarakat mendingan dia kenal dulu dirinya, benerin dulu dirinya, lihat dari banyak perspektif jadi nantinya ga akan ada arogansi atau self center.

Kelasnya cepet banget. Cuma 2 jam per mata kuliah. 1 jam penjelasan, 15 menit break dan lanjut kelas lagi 1 jam. Kaget gue kelasnya bentar doang cuma 2 jam? kelas S1 gue aja minimal 2.5 jam per mata kuliah, kaga pake break. Kelas S2 gue di UGM normalnya 3 jam per mata kuliahnya, breaknya sih 10 menit, tapi mahasiswa selalu break 30 menit buat sarapan dulu :p. Disini, dosennya langsung jelasin materi langsung pada poinnya dan ga ada diskusi di kelas, cuma dosen ngasih kuliah, kalau ada yang mau nanya ya nanya kalau ga ya lanjut. Maklum gue belajar HAM, jadi kata dosennya, 'kalian punya hak buat nanya atau ga nanya itu terserah kalian.' Kelas diskusi diadakan di jam lain yang dimoderatori sama angkatan yang lebih tua (sayang banget kaga ada yang cowo, semua cewe. Kalas HAM banyak cewenya nih, madesu ah). Mungkin itu yang bikin kelas 'formal'disini jamnya lebih singkat. Kalau di UGM 3 jam itu dengan diskusi soalnya.  Tapi kelas gue ini ada 25 orang, itu katanya besar untuk kelas master. Jadi untuk kelas diskusi katanya sih mau dibagi dua. Iya sih bener, S2 gue di UGM aja ga nyampe 18 anak dan kalau diskusi  itupun ga semuanya kebagian ngomong. Jadi kelas diskusi yang kondusif itu harus lebih kecil dari itu.

Lucunya tadi waktu kelas dimulai dosennya bilang, 'Lho, kok ga ada yang telat? Ini ga budaya Norway banget di kelas.' Ealaaah ternyata hobi telat masuk kelas itu ya ga cuma Indonesia aja toh ya? semasa di Indo, gue suka telat masuk kuliah. Sering. Keseringan. Kalau pas giliran presentasi baru gue berangkat pagian, soalnya kaga tidur malamnya jadi bisa langsung mandi (kadang ga mandi) dan ngampus pagian :p

Kayaknya udah ga bisa nyampah lagi dijalan sekarang, kuliah padat coy. Baru masuk udah dikasih readings seabreg, belum tugas-tugasnya dan grading scalenya yang serem. Masa dosennya bilang, "C disini itu itungannya GOOD. Beda kayak grading system di Amerika dimana C itu jelek. Jadi tenang aja." Tapi maaf ya pak, begi gue C itu ya Curut banget lah pokoknya!

Ngapain aja gue selama ini?
Yang jelas sih kebanyakan jalan-jalan ga jelas, belajar masak, bersihin apartemen. Pokoknya membabu buta setiap harinya. Paling males itu pas giliran gue bersihin toilet di flat. Gue share sama 1 cewe norway, dan jadwal gue itu weekend. Pas weekend, cowonya nginep sampe 3 harian. Nah paling males gue kalau disuruh bersihin toilet pas ada cowo doi. Berasa jadi pembantu Filipin mereka dah gue. Tinggal jalan sama om-om bule gendut aja, pas dah cocok banget sama muka gue.

Tapi emang gue sering dikira orang-orang dari daerah Asia begituan, seringnya sih dikira Cina. Yah 4 kalian. Yang pertama sama om-om penjual sayur disini, masa gue sama temen2 gue dari indo disapa, 'Ni hao ma?' pas buka pintu toko dia? dari mana muka cina kita? berikutnya waktu jalan tengah malam habis dari bar, eh ada segerombolan cowo (entah mukannya orang mana ga jelas) iseng nyapa 'ni hao ma' juga?

Terus lucunya nih, banyak orang-orang Eropa yang mikir kalau tulisan yang gue pake tuh punya karakter seperti karakter jepang, cina, thailand atau india gitu. Waktu gue sms temen gue pake bahasa Indo, salah satu dari mereka ada yang baca sms gue dan kaget,

"Hah? lo pakai huruf yang normal kayak kita ya???."

"Eh lo pikir kayak gimana?."

"Gue pikir huruf lo itu karakter keriting-keriting gitu semacam Thailand. Coba deh lo ngomong bahasa ibu lo."

*gue ngomong sesuatu dalam bahasa Indo.*

Komennya dia,

"Lho, kok ga ada iramanya naik turun? datar gitu aja?"

"Emang harus gimana?."

"Gue pikir ada irama naik turunnya kayak bahasa cina gitu."

Gue waktu itu udah zzzzzzzzzzzzz


Parahnya ada yang nanya,

"Eh, kalau orang Jepang ngomong lu ngerti ga? deketan kan negara lo sama Jepang?"

Aduuuuh kaka.....deketan dari Hongkong! Deket pernah dijajah iya!
Pengetahuan tentang Asia mereka banyak yang minim ternyata. Itulah pentingnya melihat keluar....terjun didalamnya.....biar ga tersesat :p

Eh tapi ya bok, susah cari temen cowo yang seumuran disini. Semua yang gue kenal brondong umur 20an awal semua. Kaga ada yang bisa diprospek! Sekali dapet yang seumuran atau yang lebih tua dikit eh rebutan sama temen-temen cewe gue orang Indo! !@#%^&*()()_)_+_+_

Ah tak apa, gue masih ada hiburan dan mereka kaga :p Jangan sedih, kakak! Ada cowo baru dari salah satu negara Eropa ini di flat gue! akhirnya ga cewe semua.... enek gue se flat sama cewe mulu. Di Jogja 6 tahun sama 30 cewe, enek ga tuh. Doi kaga ganteng sih, cuma dia yang paling lumayan. Bisa diajak ngobrol, kaga makan daging juga sama kayak gue dan pinter banget masak dan demen banget bersih-bersih. Modusnya nih, gue pinjemin aja rice cooker gue ke doi biar doi pake, ya maksud gue biar doi yang bersihin itu rice cooker :p. Apalagi kalau gue bosen dikamar atau jijik baca buku lama-lama, tinggal nangkring ke dapur buat ngecengin dia  ngeliatin dia masak sambil belajar masak :p. Ingat, cewe berbuat baik itu pasti 'banyak' maunya :D Bro, ini Norway status cowo sama cewe sama bro, ga ada yang dominan. Cewe bebas dan sah-sah aja mau ngapain aja disini :D BAHAGIA GUE :p

Kaga tau deh, tapi gue lebih suka tinggal sama cowo-cowo dari pada sama cewe-cewe. Disini cewe-cewenya ga ada interaksi. Diem semua. Cowo-cowonya suka banget ngomong, jago-jago banget masak dan bersih-bersih. Suka dikasih makan lagi gue :p. Tapi ya bok, sebenernya kekurangan cowo nih flat gue, kayaknya gue pindah aja ke Iceland deh biar pasaran gue laku keras, hampir gulung tikar nih.Udah diexpor jauh-jauh eh masih aja keluarnya produk daur ulang mulu. Disana katanya kekurangan cewe. Cewe-cewe disana pada pindah keluar negeri dan pada ga mau balik.

Di blog gue sebelumnya kayaknya gue pernah bilang kalau orang-orang Norway itu agak dingin dan susah dideketin. Gue dateng ke acara 'how to be a norwegian.' Speakernya mahasiswa S3 dari Kanada dan doi jelasin tentang cara deketin orang Norway dan gimana interaksi sama mereka. Emang bener mereka susah dideketin tapi kata dia, kalau lo ada dalam aktivitas yang sama atau grup yang sama bakal mudah banget berinteraksi dan mereka baik-baik banget. Gue udah buktiin sih, di kelas gue ada 4 orang Norway dan ga susah deketin mereka. Mungkin kita ada dalam satu aktivitas ya, jadi akan terus berhubungan dan saling membutuhkan. Jadi ya emang harus komunikasi dan menjalin hubungan yang baik. Jangan asal comot aja di jalan atau di ruang tunggu mana gitu tiba-tiba ngajak ngomong. Mereka bakal krik...krik..... krik... dan elu ditinggal pergi.

Contohnya nih tadi pagi waktu gue lagi nunggu kereta. Sebelah gue ada mas-mas bule (gue rasa dia bukan orang Norway). Terus tiba-tiba ada mbak bule berambut blonde berkaki jenjang pake skinny jeans (style cewe Norway: Rambut blonde, kaki jenjang pake skinny jeans/legging, & sepatu kets) datang sendiri, eh tau-tau aja si mas bule itu nyapa si cewe blonde pake bahasa Inggris, 'hey, how are you?' Tiba-tiba si cewe natap dengan pandangan aneh dan jawabin singkat, 'good' terus langsung pindah disebelah gue. Hahahaha lagian sih mas, ganjen lo, berasa di Indonesia lo, pake nyapa bule segala? elu kan juga bule mas? sumpah creepy banget. Semakin yakin dia bukan cowo Norway.

Minggu lalu gue pergi ke ski jump. Ga jauh sih menurut gue, cuma kalau kata orang Norway itu jauh. Yaah jauh jalan kakinya kalau bagi gue, soalnya jalannya pake nanjak. Disana ada tempat buat perlombaan ski, sumpeeh tinggi banget. Ngilu sampe atas. Diatas gitu kita naik pakai lift sampai ga tau berapa ratus kaki tuh pokoknya bisa liat seluruh Oslo dari atas.Bagus banget dan berasa peaceful tiba-tiba :)

Begini Oslo dari atas


Nah ini dari atas. Buat naik kesini harus naik lift pake ngantri 

Ini ski jump nampak dari luar

Kata dosen gue sih, agama orang Norway itu nature. Mereka pasti pergi hiking, lari, renang, ski, pokoknya melakukan segala aktivitas diluar ruangan yang ada hubungannya sama alam. Mereka ga segan-segan buat ngeluarin duit banyak buat beli cabin dan piknik disitu, sendirian, menikmati alam, udah. Intinya, ngabisin duit buat sendirian. Tapi emang lho disini sendirian itu berasa enak. Kalau ga penting malas ngomong sama orang apalagi pakai basa-basi. Me time disini jadi banyak banget, tentunya bawa banyak manfaat kalau lo lagi ngerjain tugas atau sedang dalam proses ngilangin setres. Apalagi daerah gue tinggal ini tergolong di desa, banyak pohon-pohonnya, sejuk dan deket danau. Buat jalan kaki enak banget, dan udaranya bagus buat pernapasan :)



Apalagi kalau mau rajin jogging disini bisa banget. Deket flat gue ada danau bagus yang punya jogging track. Cuma jogging tracknya ga datar aja, jalannya mendaki gunung lewatin lembah.. cape gue baru 5 meter lari udah langsung ngesot. Jogging tracknya masuk-masuk hutan dan mengelilingi danau. Bagus lah pokoknya. Hutannya juga kaga serem, kaga ada binatangnya, cuma paling ada buaya daratnya aja :D

Awkward banget kemaren waktu gue lari tiba-tiba ada nenek-nenek orang Norway gitu lari balapin gue. Eh buset itu nenek-nenek lari kenceng abis! sehat bener! bagus bagus...cuma dimana harga diri gue? udah kecret kemana-mana sekarang ilang kayaknya... kaga punya lagi. Tambahannya nih, waktu gue jalan karena kecapean lari, ada ibu-ibu hamil orang Norway sini jalan cepet banget. Gue serem ngeliatnya, bu, lagi hamil bu, santai aja. Tapi mungkin udah biasa kali ya dan itu speed normal jalannya dia. Gue cerita ini sama temen gue disini yang udah berkeluarga, eh dia bilang kalau ada juga ibu-ibu hamil main ski!!!!!

Seneng gue bisa liat pohon ijo-ijo banyak begituan :)

Terus nemu Gereja, tapi ga tau gereja apa dia atas bukit. Banyak banget tempat ibadah yang tempatnya diatas bukit kek, gunung kek. Pokoknya ditempat-tempat yang tinggi. Apakah itu ada filosifinya? seperti orang beribadah kepada Sang Maha yang Paling Tinggi? Hmmmm....bantuin mikir, dong! :p

Udahan ya, cape gue. Turu ah :D

Cheers!


2 komentar:

  1. Keren Elin postingannya.... gw suka dengan ahasanya yang nyantai dan mengalir...

    BTW, nanti pas winter deh lihat...bakalan bayak anak2x balita yang main ski.... di sini baru bias jalan pun sudah dibelikan ski .... kalah deh kita2x yang gede ini... :) Gw waktu awal2x malu banget karena pas skiing berdiri aja susah...eh...trus ada anak2x yang dengan asiknya meluncur gitu dari belakang atau dari depan.... berasa harga diri terkoyak2x banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks mbak, sekarang aku malah lagi baca-baca blogmu :)

      Iya pengen liat tuh anak2 kecil mainan ski, aku pengen banget ikut cuma takut patah tulang kalau jatuh haha

      Hapus