Kamis, 14 Agustus 2014

Moving to Oslo



Hey hey,

Gue udah hampir semingguan di Oslo sekarang setelah melalui penerbangan yang super panjaaaaang dan melelahkan. Nih badan udah pegel-pegel sampai di Oslo. Kaki ga bisa diselonjorin, mata pengennya tidur mulu, maklum ga bisa tidur pulas di pesawat.

Sekarang disini sore, ciyn. Sebenernya ga gitu jetlag sampe Oslo. Peredaan waktu yang 6 jam lebih lambat dari Jogja malah bikin gue seneng. Gue kan selalu bangun diatas jam 12 siang waktu di Jogja, jadi kalau di Oslo gue bangun pagi dan tidur cepat.

Okay cerita di pesawat dulu,
Gue dari Jogja jam 10 ke Jakarta dulu. Sengaja ga mau undang banyak orang buat melepas kepergian gue ke negara kulkas ini, males gue kalau harus nangis-nangis dan jadi sedih. Alhasil hanya segelintir orang aja yang nganter gue. Sampe di Jakarta masih jam 11 dan next flight jam 5. Bengong mainan hp kayak orang autis gue disana, tapi untungnya ga sendiri. Dari Indonesia yang berangkat bareng gue ada 3 orang. Lumayan ada temen nyampah.

Dari Jakarta ke Oslo gue pake Qatar dan dapet bagasi 30 kg. Nah masalahnya dari Jogja ke Jakarta dapet bagasi cuma 20 kg, jadilah gue beli 10 kg maunya biar ga lebih tuh ntar pake Qatar. Waktu ditimbang di Jogja bagasi gue kelebihan 3 kg. Jadilah gue keluarin didepan petugas bandaranya. Yang gue keluarin itu kamus bahasa Norway yang dikasih Nick sama bumbu-bumbu masakan Indonesia. Mereka gue tenteng aja pake tas lain. Jadi printilan gue banyak, belum lagi nenteng guling dan 2 jaket tebel.

Guling gue emang jadi beban hidup temen-temen gue jadinya. Mereka bantuin nenteng gara-gara guling yang tadinya penyet divacuum jadi gede karena ketusuk. Dikeluarin deh dari koper. Yah begemana lagi bela-belain bawa guling dari Indo soalnya guling kagak ada di Norway. Lagian gue seneng bisa bawa guling, sampe sini beli bantal eh kecil. Itu mah buat pantat aja kagak cukup. Waktu sampe Jakarta dan ditimbang lagi pake Qatar, gue nanya apa boleh lebih dari 30 kg? mahasiswa nih, mau pindahan. Petugasnya bilang boleh dan maksimal 33. Langsung gue masukkin lagi tuh kamus dan bumbu-bumbu. Berkurang beban hidup gue :)

Di pesawat, kaga ada pemandangan oke. Cuma satu yang oke; si mas pramugara yg mukannya mirip Mike Lewis versi muda. Udah itu aja. Sayang banget si Mike Lewis palsu itu lewat-lewatnya bukan di lorong gue. Yaaah cuma bisa mandangin aja deh dari jauh... kaga bisa diapa-apain! (emang mau diapain?).

Pesawat gue sampe Doha, di Doha senewen banget gara-gara petugas jasa hotelnya kaga bawa kita ke hotel. Nungguin 1 orang yang akhirnya...... ga datang. Sampe hotel cuma punya waktu 4 jam doang buat tidur. Mana bisa? yowes akhirnya gue cuma ngenet dan dinner terus tidur 2 jam soalnya pagi-pagi buta jam 4:30 udah dibangunin buat ke bandara lagi. Doha itu kotanya bersih dan sepi yang pasti. Banyak juga kok cewe-cewe ga pake tenda (burko). Mungkin Doha udah agak modern kali ya? enak sih sebenernya kotanya, cuma menurut gue banyak bangunan aneh yang ga fungsional. Gede doang dan megah tapi entah berfungsi atau ga gue ga tau. Yah mungkin itu buat menarik turis sebenernya. Bandara Doha gede banget, lebih gede dari yang ada di Singapore. Ini yang bikin capek kalau harus ganti flight. Jalan dan larinya itu pake jauh amit.Mending kalau cuma bawa ransel 1. Ini bawa printilan dan ransel yang berat. Di Bandara Doha, ada juga tuh pegawai orang Indonesia. Waktu dibagiin pasport, si mas ngomong pake bahasa. Yaelah orang Indo emang ada dimana-mana.

Doa gue kalau penerbangan lama yaitu ada yang bisa dicem-cemin. Pas gue naik penerbangan pertama lumayan ada si pramugara kece, yang kedua ini dari Doha ke Oslo yaitu mas-mas dari Inggris duduk sebelah gue!  *njuk ngopo?*

Si masnya baik banget, barang2 gue diangkutin ke cabin, gue mondar-mandir lewatin doi keluar-masuk wc ga bete mukanya. Cuma kalau gue nanya sesuatu, dibalesin aja sekali ditambah senyam-senyum aja dan ga ditanya balik! (eh elu ngarep ditanya balik?). Kaga doyan sama gue tuh masnya kayaknya. Pas gue tanya ngapain ke Oslo? doi jawabnya, "My girlfriend is a Norwegian."

*tertusuk pisau cukur rasanya*

Yowes mas... ga single - ga bisa diapa-apain deh. Jam awal-awal doi nonton film yang agak serius, tembak-tembakkan! ooh gitu ya laki kalau nonton film, sukanya yg serem-serem. Hmm... biar bikin cewe terkesan kali ya? Gue nonton serial Friends aja deh biar bisa ketawa ngakak. Eh makin lama makin lama doi nontonnya drama percintaan wanita dong... serial cantik begituan! aduh gue udah sedikit ilfil. Ah tak apa.. liatin dulu, mungkin setiap orang itu punya sisi Hello Kitty and it is cute menurut gue secara doi badannya gede dan mukannya ramah. 4 jam terakhir doi akhirnya nontotn Spyderman! Nontonnya serius banget mas? sama sekali ga kedip dan kepengaruh kanan-kiri. Habis pesawat mau landing, doi kembali nonton serial drama percintaan wanita lagi. Ealaaah ini laki emang berhati salju. Dingin tapi lembut. Yowes sana pergi... gue ga ngecengin lagi.

Begitu kisah gue di pesawat yang super ga jelas....

Sampe di Bandara Oslo gue sama sekali ga ngerasa ada di Eropa. Panas bok kayak di Indo. Bandaranya juga ga semegah Sukarno-Hatta. Kayak bandara lama gitu, tapi gue liatin bentuk bangunannya fungsional banget. Emang ya beda sama negara berkembang yang super jor-joran bangun apa-apa tapi ga diliatin fungsinya jangka panjang.

Dari Bandara harus naik kereta ke pusat kota soalnya udah ditungguin sama beberapa mahasiswa Indonesia yang masih di Oslo. Baru dateng udah heboh disuruh beli no hp dan tiket kereta langsung biar gampang. Habis itu dianter ke flat masing-masing. Kalau mau tau kereta disini itu kayak MRT di Singapore, bedanya pintu MRT di Singapore bukanya cepet banget sedangkan disini cukup manusiawi. Cocok sama gaya hidup yang ga tergesa-gesa. Liftnya juga ga secepet di Singapore, gile orang di Singapore pada betah ya hidup dengan gaya begituan? apa-apa serba cepat dan kerja mulu. What's the meaning of life then?

Kordimator gue bantuin angkat koper gue yang segede dosa gue masuk flat. Kamar gue di lantai 4. Naik lift tentunya, cuma liftnya aneh. Lebih mirip lift buat angkut-angkut barang. Bukanya pake pintu kayu terus kalau berhenti bunyi-bunyi itu. Waktu masuk kamar gue buat naro barang dan cek dapur, gue bingung kenapa disini sepi banget? orang-orangnya kaga ada semua. Sumpah tapi disini beneran sepi. Banget. Jangan pernah bandingin sama Jogja.

Barusan gue tanya sama temen flat gue cewe Norway kok disini sepi banget, doi bilang?

"Apanya? Oslo rame banget. Gue ga betah disini, pengen pindah ke yang lebih desa."

Kurang desa apa lagi?!?!?!

Kemaren gue jalan ngiterin tengah kota yaa....... sepi abisss!!!!


itu jalur kereta yang gue pake tiap hari. Kalau pagi sepi dan dingin...

Begitulah cerita gue minggu 1 ini.. ntar lanjut lagi ya, gue mau party dulu. Sayang kalau ga dateng, ntar ga dapet temen. Hidup disini kalau ga proaktif ya jadi sendiri mulu..

ciao!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar