Senin, 27 Januari 2014

Drama Akademik

Ya emang kehidupan akademik gue penuh drama lebay.
Ini bisa jadi karena kesalahan gue sendiri yang plin-plan atau emang udah ditakdirkan kayak gini. Gue ceritain deh dari awal gue kuliah sampe sekarang. Herannya gue masih hidup aja dan dramapun masih berlanjut. Itulah hidup kali ya penuh drama. Yang bikin aneh kenapa yang ada dramanya dalam hidup gue itu di dalam bidang akademik gue aja? mana nih drama percintaannya? atau keluarga? NONE. Life is weird sometimes..
But maybe this chosen drama suits me better. Kan secara banyak orang yang cobaannya macem-macem ya kan? dan mungkin yang drama akademik ini lebih cocok sama gue.

Drama S1
Jadi dulu ceritanya waktu gue mau daftar S1 gue galaw! Dasar abege lulusan SMA!
Mau pilih jurusan Akuntansi atau Sastra Inggris. Waktu itu gue udah ketrima kuliah di Atma Jaya Jogja jurusan Akuntansi, tinggal bayar aja 19 juta, cuma nyokap gue kok ga sreg sama jurusannya. Akhirnya bokap gue geret gue ke warnet buat bikin aplikasi online daftar Sastra Inggris di UGM. Gue males-malesan sih waktu itu soalnya kan males pake tes segala, udah jelas-jelas ketrima yang ga pake tes di Atma. Kalau mau masuk UGM gue pengennya di Akuntansi juga sebenernya, cuma bokap gue langsung ga enak mukannya waktu lihat uang sekolahnya diatas 30 jutaan. Yaah akhirnya gue ambil itu Sastra Inggris dan bayar 16 juta.

Setelah gue resmi diterima, gue nanya ke temen-temen gue berapa duit mereka bayar buat kuliah. Eh ternyata ga sampe 16 juta dong, ada yang 5 juta, 8 juta, bahkan ada yang 2 juta! Kok bisa???? ternyata mereka lewat jalur SPMB, dan gue lewat jalur duitttt.... soalnya waktu itu bokap gue ketar-ketir kalau gue ga dapet kuliah. Ya sudah bayar yang lebih mahal aja gpp. Tapi kasihan gue sebenarnya sama bokap gue, mungkin ga seharusnya bayar sebanyak itu. Dan ga mau sombong sih, cuma nilai gue banyak yang lebih bagus diantara teman-teman yang bayar kuliah lebih dikit itu. Tapi ya.. mungkin bukan rejeki gue kali ya? lagian gue dapat pengalaman yang lainnya yang mereka ga dapet kok. Ga apa-apa :)

Lanjut, bokap gue waktu itu sedang krisis berat. Keluarga kami dapat cobaan, bisnis bokap gue bangkrut. Habis semua rumah dan kendaraan plus harus bayarin gue kuliah. Inget banget gue waktu itu bokap gue bawa duit cash 10 juta buat beliin gue laptop dan sisanya buat beliin gue hp di Jogja yang harga laptop waktu itu masih mahal. Uang 10 juta itu bokap gue sakuin sepanjang perjalanan naik travel ke Jogja. Sayang banget fungsi laptop gue cuma 6 bulan aja kira-kira dan tragis, akhirnya meledak! ternyata itu laptop slundupan, tokonya udah gulung tikar. Gue mau tuntut kemana? mau service udah ga bisa dibenerin soalnya perangkat aslinya udah diperetelin. Ampun deh.. ngelus dada gue. Cobaan terus rasanya. Akhirnya bokap gue beliin notebook aja yang lebih murah dan sampe sekarang masih bisa dipake, walaupun gue sering tombok dan tekor kalau rusak - kasihan bokap gue kalau gue minta uang mulu. Helloooow I am 23! welll  24 this year and jobless.. kuliah ga selese-selese dan mau lanjut kuliah ini itu pula.

Gue pernah dapat beasiswa selama 1 tahun, lumayan sih buat nambahin uang jajan. Tapi pas mau daftar lagi buat perpanjangan eh gagal, gara-gara kurang 1 dokumen aja. Emang kayaknya belum rejeki.
Gue kerja juga ngajar sana-sini buat nambahin uang jajan gue (bulanan sih tetep dikirim ortu), kadang capek juga ngajar kalau muridnya suka bertingkah aneh-aneh. Gue harus sabar banget dan ga boleh marah, padahal aslinya gue emotional banget, tapi dipikir-pikir lagi ya bagus buat ngelatih soft skill gue, toh gue ga mau kerja kayak gini terus seumur hidup. Toh bagus juga buat ngelatih gue buat ngomong sama orang-orang baru, well.. public speakingnya bisa dilatih disini dan kenal banyak orang dan tahu karakter orang. Bisa belajar cara pendekatan sama mereka. Itu yang penting. Belajarnya.

Drama berlanjut waktu skripsi. Gue selesein skripsi 8 bulan totalnya dengan 3 bulan useless.
3 bulan pertama gue ngerjain literature yang judulnya sangat menye-menye dan ga gue banget. Ga menantang sama sekali, pokoknya yang penting kelar! Tapi, kayaknya gue emang rada perfeksionis akhirnya gue ganti tuh skripsi ke Linguistics. Beruntung ada dosen yang nawarin mau ngebantuin gue buat cari buku-buku linguistics dan bantuin ngajar dikelas juga. Akhirnya gue kelar 6 bulan. Mepet waktu wisuda bulan Agustus 2012.

Waktu pendadaran itu 1 minggu sebelum deadline ngumpulin skripsi, dan gue ngebut sana sini buat revisi. Nguber-uber dosen sampe nyusulin ke rumahnya. Drama tambah panjang waktu Nisa gue suruh buat bantuin ngetik lembar pengesahan dia salah nulis nama salah satu dosen! Padahal dosen lain udah tanda tangan disituu dan baru ketahuan dosen satunya. Hiyaaaaa mati gue. Akhirnya gue berguru ke rumah Dichie buat bantuin bikin tanda tangan palsu tuh dosen yang namanya salah diketik dan udah ga bisa ditemuin lagi. Akhirnya kakaknya Dichie, mbak Githa kasih ide buat ga malsuin, tapi discan aja dan dicopy ntar. Okeeh gue lakuin tuh. Setelah gue konsultasi sama dosen lain akhirnya boleh, dan ga cuma gue ternyata yang pernah gitu. Fiiuuhh~
Kalau lihat skripsi gue di bagian acknowledgement, pasti salah satu tanda tangan dosen gue itu scan-scannan! Sekarang kalian tahu sebabnya :)

Lanjut.. waktu wisuda gue telat dong! dandan lama disalon subuh-subuh sama Dichie dan sampe tempat wisuda telat, yang lain udah masuk ke gedung. Kenapa sih semuanya serba last minute ya gue? heran deh...
Bokap-nyokap gue jalan kaki ke tempat wisuda gara-gara gue ngilangin kunci motor.. T.T
Anyway gpp ikhlasin aja semua dramanya itu, yang penting S1 sudah selesai :)

Kegiatan setelah S1
Setelah lulus gue tambah galau! Mau kerja kok malas, mau jadi apa nih? temen-temen gue aja ga pada kerja, pada galau semua. Kerja kok gaji gitu-gitu aja, ga maju-maju, habis itu mau ngapain?
Gue pengen banget sebenernya sekolah S2, tapi di Australia dengan jurusan Linguistics dan dengan pertimbangan yang lain kayak, banyak banget temen-temen bule gue yang tinggal di Australia. Pasti ntar gue disana ga kesepian dan udah punya banyak kenalan yang baik-baik. Cuma ya kalau sekolah diluar itu kan prosesnya lama banget. Minimal 1 tahun prosesnya. Lah masa 1 tahun itu gue mau ngapain? kerja tanggung. Mana ada perusahaan yang mau nerima pegawai 1 tahun? mau jadi guru bahasa Inggris? ogah.. suka ga tega gue lihat gaji pegawai honorer yang cuma 300 ribuan. Akhirnya gue cari-cari kerja serabutan, pokoknya yang penting ga nganggur. Gue kerja jadi LO, ngajar sana-sini sampe buka les-lesan sendiri bareng Nisa, Dea dan Sinta. Lumayan banyak yang mau les ditempat kami. Dan duitnya gue pake buat travelling ke Bali, Bandung, Ambarawa, Singapore dan Thailand selama 10 bulan kerja setelah lulus itu.

Untuk menuntaskan ambisi gue kuliah di Australia, gue bela-belain daftar kursus EILTS yang lumayan mahal selama 3 bulan. Gue juga dateng ke agen pendidikan luar negeri buat konsultasi kuliah S2 di Australia. Gue ketemu pak Alfin, beliau yang ngurus pendaftaran dan temen-temannya gitu deh. Guepun ditanya mau daftar mana, dan gue jawab 4 universitas di Australia. Bapaknya kaget, katanya ga usah banyak-banyak soalnya ga semua daftar kuliah itu gratis dan katanya pasti gue dapat offer dengan nilai gue yang tinggi (sombong) itu :p. Beberapa universitas yang rankingnya tinggi itu bayar buat formulirnya dan ga murah. 1 universitas minimal 1 juta. Akhirnya gue ngeyel dan pilih 4 universitas, 2 gratis, 2 bayar. Yang bayar gue minta duit ke nyokap dan dikasih! Ya ampun ga tega gue mintanya sekitar 2 jutaan cuma buat bayar formulir doang, yang sebenernya ga jelas gue bakal dapat beasiswanya atau ga.
Kalau kuliah di Australia itu sistemnya daftar kuliahnya dulu di universitas, kalau sudah dapat offer baru diperbaharui dokumen apa yang belum lengkap seperti skor EILTS, dan kalau offernya diterima terus dapat acceptance letter. Nah acceptance letter itu bisa dipake buat daftar beasiswa di Endeavour, AusAid, Australian Awards, dikti, dan LPDP (<--- nih yang terbaru, katanya paling oke).

Anyway pokoknya prosesnya lama. Nunggu offer aja bisa berbulan-bulan, dan begitu pula proses-proses selanjutnya. Gue waktu itu dapat offer disemua universitas di Australia yang gue daftarin, dan gue pilih 1, the University of Melbourne buat kuliah Applied of Linguistics. Akhirnya gue daftar beasiswa Endeavour. Persyaratannyapun rumit. Gue harus bikin rekomendasi dari ini-itu, ada yang pake email langsung dari pihak Endeavournya, dan ada yang manual. Pokoknya ribet!
Dosen gue ga mau buatin rekomendasi buat gue sendiri, katanya gue buat sendiri aja, ntar ditanda tanganin. Akhirnya gue buat sendiri dan waktu itu pas ada Tim di Jogja gue culik pagi-pagi buat ngedit rekomendasi gue yang berbahasa Inggris amburadul.
Rekomendasi yang pake email itu menyusahkan aja soalnya harus ngirim email ke dosen dan dosennya harus lebih dari 3 orang dan ngisi pertanyaan via email. Lah dosen gue masih sakit, akhirnya gue minta bantuan om gue yang ngajar di UNJ buat bikinin rekomendasi (awkward, padahal dosen teknik dan sodara, kan ga boleh). Om gue nawarin buat dibantuin temennya yang dosen UGM juga buat bikin rekomendasi buat gue (lagi-lagi awkward, dosen teknik). Okelah gpp yang penting bagian rekomendasi lengkap! Untungnya yang satunya diisi sama dosen Sastra Inggris gue sih :)

Waktu ngirim aplikasi itu 5 jam sebelum deadline! Mampus gue harus bolak-balik warnet buat upload dokumen yang kbnya besar banget jadi ga bisa diupload pake laptop gue yang internetnya pake modem letoy ini. Harus scan dokumen ini-itu dan ngisi essay ini-itu sampe lupa makan dan mandi. Drama!!!
Akhirnya gue relakan dokumen-dokumennya terkirim dengan amburadul... legaaaaa (ga juga sih! perasaan udah ga enak, semuanya kok last minute, pasti ga teliti). Padahal dosen pembimbing skripsi gue pernah nasihatin gue,

"April, buat pelajaran ya, kalau buat apa-apa itu jangan detik-detik terakhir. Kamu itu ga teliti orangnya."

Emang gue cenderung grusa-grusu orangnya, ga sabaran dan pengennya cepet kelar semuanya.

Drama S2
Sambil tunggu pengumuman beasiswa Endeavournya (kalau gue ketrima Maret 2014 gue pindah ke Melbourne- Yang asyiknya semua temen-temen Australia gue pindah ke Melbourne buat ngelanjutin kuliah mereka) gue kuliah dulu S2 di UGM ambil jurusan yang ga gue banget dimata orang-orang, Religious and Cross-Cultural Studies!
Gue suka sih mata kuliahnya, sebenernya itu bacaan gue kalau lagi senggang sebelum kuliah S2. Gue tertarik sama issue agama yang cenderung diprovokatori sama pihak-pihak yang ingin memenangkan kelompoknya demi uang. Gue juga sering banget punya pertanyaan yang ga bisa dijawab sama uztad atau pastur dengan cara logis. Kuliahnya mengedepankan sistem akademik dalam pendekatan masalahnya bukan dari teologi, makanya gue capek jelasin ke orang-orang kalau gue ga kuliah teologi, soalnya gue pake pendekatan antropologi dll plus pake bahasa Inggris lagi kuliahnya, Lumayan bahasa inggris gue ga menguap. Gue juga dapat tawaran beasiswa full, bayar cuma 1 juta doang per semester. Dengan syarat, waktu daftar beasiswa itu lulusan UGM, umur belum 25 dan score toefl minimal 500 dan paps 500 juga! Mampus score paps gue 467 waktu itu!

Akhirnya gue diskusi sama bagian akademiknya dan meraka saranin buat gue untuk bayar kuliah 1 semester dulu dan kasih gue kesempatan buat tes paps lagi sampe score gue mencapai 500 dan ntar uangnya diganti kalau semua persyaratannya lengkap. Akhirnya drama paps dimulai!
Tes pertama itu hancur total, gue minta duit nyokap gue buat test dan hasilnya malah lebih jelek, 450an..
Yang kedua, gue salah jadwal..... gue dateng tes seminggu setelah jadwal gue. Emang rada ga pay attention kayaknya sama jadwal gue. Rugi materi, pake duit gue sendiri, hasil kerja sana-sini.
Yang ketiga gue nyante, tes pagi, datang telat ga persiapan. Udah ga peduli gue, akhirnya score gue pun keluar dan hasilnya pas 500!!!!! KOK BISA PAS GITU????? kenapa ga lebih 1 point atau 2 sih?

Another drama ttg score toefl. Gue tes toefl dadakan di ELTI yang siang ini daftar besok pagi tes soalnya ditempat lain lama atau udah ga ada kursi! Mana sempet belajar????
Hasil keluar 2 minggu berikutnya dan score oke masuk lah ya hitungan buat beasiswa itu.
Tapi nih... toefl gue ditolak akademik!!!
dengan alasan, ELTI ga masuk hitungan instansi resmi buat tes toefl versi UGM.
Gue ngotot, kalau ELTI itu cabangnya sama kayak UGM, SADHAR dan yang lainnya yang tertulis di brosur UGM, tapi mereka ga percaya dan gue harus ngeprint buktinya.

Kenapa ga percaya sih? wong ada nama pusatnya tuh sama dan resmi dari dinas pendidikan?
setelah gue berhasil ngebuktiin kalau ELTI itu salah satu lembaga yang sah buat tes toefl akhirnya gue diterima beasiswa.. Alhamdulillaaah.. duit nyokap gue semester 1 dibalikin.

Another master degree
Sebelum daftar kuliah S2 di UGM gue bolak balik ke kantor bagian akademik nanyain ttg kuliahnya. Salah satunya tuh gue nanya, kalau gue dapat beasiswa dari UGM dan tiba-tiba gue pengen cuti buat kuliah di luar (Secara gue daftar Australia, just in case kalau gue ketrima gue bisa cuti dulu) bisa apa ga? mbaknya bilang bisa dan beasiswa gue diberhentikan. Ya gpp.. lagian ntar gue balik lagi bisa bayar sendiri.

Akhirnya gue tetapkan tujuan buat kuliah S2 2x. Gila emang.. apalagi dengan jurusan yang ga compatible, Religious and Cross-Cultural Studies dan Applied Linguistics. Susah dipercaya. Mau kerja apa????

Pengumuman beasiswa Endeavour bulan Desember dan di bulan Oktober salah satu dosen gue kirim email masal tentang ada tawaran beasiswa S2 selama 2 tahun di Norway jurusannya Theory and Practice of Human Rights. Gue seneng banget sama jurusan ini, sebenernya passion gue disini, bukan di yang lain. Gue pengen banget bantu refugees atau orang-orang yang kurang mampu di daerah konflik atau bikin riset tentang ini.Gue punya impian juga buat ngadopsi anak dari sana, negara konflik. Kasian udah ga punya ortu.
Anyway tapi gue minder mau daftar, secara di Indonesia yang dimbil cuma 2 orang aja, dan lihat gue ga ada background apa-apa tentang Human Rights. Cuma tertarik sama issue ini dan pengen banget kerja di PBB. Sebenernya ga bego-bego amat sih gue buat Human Rights, wong kuliah gue juga mbahas itu, jadi masih relate. Apalagi kalau tentang women! Huuuuh gue bantai tuh cowok-cowok yang seenaknya sama cewek-cewek (sok-sokkan). Pokoknya gue tuh stand for equality. Mungkin dulu masa kecil gue selalu dijadiin korban sama orang-orang kalau ada apa-apa, selalu diperlakukan ga adil sama guru-guru disekolah dan lingkungan sekitar dan suara gue selalu ga pernah didengerin dengan alasan yang ga logis. Hmm.. mungkin ini. Ah panjang nih kalau gue cerita.

Dosen gue yang ngasih link beasiswa itu pun bilang,

"April, coba aja. Jangan takut kalau yang diambil 2 orang aja seIndonesia, kan rejeki ga ada yang tahu."

Akhirnya gue tekadkan untuk daftar!
Anehnya, well... alhamdulillahnya proses daftarnya ga ribet kayak Australia. Gue soalnya udah punya dokumen-dokumen lengkap sisa daftar di Australia. Gue ngisi aplikasi itu ditemenin Sophie sama Sunny yang sibuk main kartu di Coffee Shop. Ah yang penting mereka ada buat bantuin gue kalau gue stuck sama bahasa Inggris essay ini-itu. Hasilnya pun ga lama, cuma 2 minggu setelah pendaftaran. Ga kayak Australia yang makan waktu hampir 1 tahun. Jamuran gue...

Pagi-pagi gue buka email dan GUE KETRIMA!!!!
Alhamdulillah.... reaksi gue ga berlebihan, justru cenderung biasa aja. Ini aneh.
Dan ga ada yang tahu kalau gue akan pindah ke Oslo bulan Agustus ini. Gue ga mau kasih tau orang-orang takut pamali, cuma yang deket-deket aja yang tahu.

Drama masih berlanjut dalam pengiriman dokumen langsung kesana ga pake email. Mereka kasih pengumuman 1 minggu sebelum deadline penutupan. Well, yang udah granted beasiswa udah pasti dapet kursi sih, cuma mereka paksa gue buat ngirim dokumen sebelum deadline harus udah sampe sana. Gara-gara panik langsung ga tau cara bikin motivation letter gue. Akhirnya gue bikin ngawur dan minta bantuan Nick (lagi-lagi gue beruntung, salah satu teman baik bule gue ada di Jogja) buat ngedit soalnya besok pagi mau gue kirim.
Kelabakan gue, mana bisa kirim dokumen ke negara nan jauh disana Norway kurang dari 1 minggu? pasti mahal gila.. tapi thanks to fedex, cuma 2 hari :)
Mahal banget sih, dollar masih naik juga! 400an ribu gue kirim! Haaahhh cuma kertas-kertas doang??
Hujan-hujan gue ke Fedex, demi dokumen ini oh..dan uang makan gue tinggal 5 ribu plus nyokap gue ga bisa kirim duit lagi soalnya hari sabtu, bank tutup. Note to mama: belajar pake atm dong...
Akhirnya gue utang adek gue dulu buat ngirim.

Sebenernya gue galau tingkat dewa waktu mau ngirim dokumen soalnya mereka minta ijasah SMA ditranslate ke bahasa Inggris dan dicap resmi notaris!
Maaak, mana selesai 1 minggu?
Ditranslate harus dikirim ke Jakarta dulu & dicap 1 hari lah minimal.. Hiyaaaa galaw!
Akhirnya minta wejangan dari bli Arya, yang merupakan manusia ahli perdokumenan, dia bilang gue suruh email si kordinator gue di Norway buat ngirim ijasah SMA nanti aja belakangan.
Dan.. belum gue minta gitu, si kordinator gue malah nyaranin,

"Kirim yang ada dulu, ntar yang lain disusulin. Yang penting dokumen utama sampe sebelum tanggal deadline. Bilang aja saya yang suruh."

Yeees... gue legaaa
tapi itu artinya gue keluar another 400 ribuan lagi buat ngirim missing document.
Gpp lah, mau sukses ya modal dulu dong!
Buat ngirim dokumen ini gue inget kata-kata dosen pembimbing skripsi gue yang bilang jangan mepet-mepet kalau ngirim dokumen dan harus teliti, gue sampe nyuruh Nisa buat ngecekin dokumen gue sore itu sebelum gue kirim besoknya. Pokoknya harus teliti, secara kan dia mentalnya emak-emak nyinyir yang telitian Hehehe.

Semua beres, gue udah resmi dapat surat persetujuan beasiswa dan bisa buat bikin visa, dan tinggal tunggu pengumuman formalitas dari Unversitasnya sekitar April :)

Bulan Desember 2013 itu waktu pengumumannya Endeavour dan my scholarship was unsuccesful!
Lega... soalnya gue ga mungkin bisa milih diantara Australia dan Norway, dan emang gue udah ngerasa bakal ditolak gara-gara proses pendaftaran, pengiriman dan essay yang amburadul.
Gue udah pilih Norway 3 minggu sebelum pengumuman Australia dan relakan semua impian gue ttg Australia dan penelitiannya disana. Takdir membawaku ke jalan yang lain.
Tapi yang di Norway ini lebih relate dengan apa yang gue pelajarin di UGM. Human Rights and Religious and Cross-Cultural Studies. Sounds better, right? :)

Masalah selanjutnya adalah...
Tadi gue ke akademik buat nanyain apa gue bisa cuti bulan Agustus soalnya kan gue pindah ke Oslo 2 tahun?
Mereka bilang ga bisa, soalnya gue dapat beasiswa dari Pascasarjana, moso mahasiswa beasiswa mau minta cuti? 2 tahun lagi. Cuti kan maksimal 1 tahun.
Mati gue. Terus gimana?
Mereka bilang, gue kemungkinan disuruh balikin uang beasiwanya 12 juta itu, dan gue boleh cuti 1 tahun aja. Setelah itu gue tetep harus bayar kuliah per semester walaupun gue ga kuliah disitu just ini case ntar kalau gue selesai di Oslo gue masih mau lanjutin kuliah lagi, tanggung tinggal 2 semester. Waktu thesis gue bisa ambil grant di luar negeri juga.
Atau pilihan keduanya gue balikin uang beasiswanya dan ga lanjutin kuliah gue di UGM.
Tapi kok ya tanggung banget. Disisi lain, sama aja gue kuliah bayar dong ya? niat dapat beasiswa ga sama aja boong. Padahal gue pernah bersumpah sama bokap gue kalau ga akan minta uang kuliah lagi buat S2. Kasihan bokap gue, ntar lagi pensiun, belum mengecap uang hasil kerjanya, dimintain mulu. Tapi kayaknya ini akan sia-sia. T.T

Tapi hati kecil gue bilang, kan gue udah dapat yang lebih gede, jadi mau gue balikin uangnya terus ambil cuti 1 tahun dan bayar sambil nunggu balik kan bisa atau balikin dan kabur itu sama aja. Gue masih dapat yang lebih gede. Lagian gue bisa bayar uang kuliah disini soalnya katanya International students di Oslo bisa kerja 20 jam/ minggu, dan uangnya pasti gede buat ukuran kurs di Indonesia. Kasarannya gue nyisahin 1 juta / bulan buat bayar UGM kan maish bisa. Cuma, gue ga kepengen nyusahin ortu gue buat balikin uang beasiswa gue, soalnya duitnya udah gue balikin semua ke ortu.

Disisi lain, gue pengen banget ngelanjutin kuliah di UGM itu, tapi.. kasih gue jeda 4 tahun. Gue mau selesein di Oslo 2 tahun dan mungkin bisa kerja disana 2 tahun jadi gue bisa bayar sendiri.
Tapi itulah kebijakan, selalu ga pernah sama dengan angan-angan. Gimana? gue pusing banget.
Ga tau lah, pasti ada jalan, entah itu balikin duitnya yang pasti akan nyusahin ortu gue lagi atau gue bayar kuliah sendiri yang berarti gue harus siap-siap kerja banting tulang lebih keras semester ini.  Padahal rencananya duit kerja gue mau buat beli perlengkapan pindah ke Oslo biar ortu gue ga usah bayarin, soalnya mahal banget. Tapi ga tau rencana tinggal rencana...

Bagusnya sejauh ini gue yakin pasti ada jalan.. dan apapun itu keputusannya, itu yang terbaik. Entah itu gue atau ortu gue yang berkorban, toh ntar pasti akan tergantikan dengan yang lebih baik pengorbanan itu because life is a struggle :)




1 komentar:

  1. no sweet without sweat mb!semua kerja kerasmu akan terbayar, nice sharing salam kenal yah└(^o^)┘

    BalasHapus