Minggu, 05 Januari 2014

Javanese - English

Bahasa Jawa emang lebih kaya dalam kosa-kata dibandingkan dengan bahasa Indonesia. Tak jarang gue lebih seneng misuh-misuh pake bahasa jawa yang kosa katanya banyak dan kadang selalu panjang kalau coba diterjemahkan ke bahasa Indonesia. hahaha ketauan suka misuh deh :p

Anyway.... gue emang seneng banget main-main sama kata-kata, terutama kalau lagi ngomong pake bahasa Inggris. Walaupun udah ratusan tahun rasanya gue belajar bahasa Inggris (ditambah ambil jurusan sastra inggris pas S1) masih aja ada blukutuk-blukutuknya...aaaah emang dasar otak gue aja yang kecil. Bahkan lebih kecil dari pada lubang hidung saya (baca: pesek), makanya masih susah nambah vocab baru.

Ok... kembali ke paragraf pertama dimana gue ngomongin kosa kata bahasa jawa yang lebih kaya dari bahasa Indonesia. Coba kalian terjemahin ke bahasa Inggris apa arti kata, melipir, selonjor, ngere, nginthil etc? pasti ga ada 1 kata yang pas buat nerjemahin itu semua. Beberapa hari yang lalu gue baru tau dong arti kata 'ngeden'? dalam bahasa Indonesia yang artinya 'mengejan'! menurut gue kata 'mengejan' terlalu 'outstanding' buat ngartiin kata 'ngeden' hahahaha.

Dan sore ini ketika gue buka facebook gue, temen gue dari Melbourne, Nick yang puinterrrrrrrrr banget bahasa Indonesianya (FLUENT BANGET sampe-sampe medhok Jawa) dan bahasa Jawanya kirim message ke gue arti kata-kata bahasa Jawa yang begini:

Walk slowly on the edge (side) of the road. = mlipir 
Fall backward and then hit own head. =nggeblak 
Ugly expressions because of pushing something out in the toilet. =ngeden
Got hit by a truck that is moving backward. =kunduran trek
Talk too much about unimportant thing. =cangkeman
Smearing one’s body with hot ointment or liq…uid and then massaging it. =mblonyo
Going without notice/permission. =mlethas
Walking without using anything. =nyeker
Taking the longer way to get to the destination. =ngalang
Riding an old bicycle. =ngonthel
Falling/ tripping forward (and may hit own face). =kejlungup
Side effect after circumcision. =gendhelen
A small, sharp thing embedded inside one’s skin. =susuben/ ketlusupen
Spending a lot of time doing nothing. =mbathang
Feeling uncomfortable because there is something that smells bad. =kambonan
Things getting out from a container accidentally because of gravity. =mbrojol
Get hit by finger into the eyes. =kecolok
Wrong sleep (head) position making the veins become neck pain. =tengeng
Get farting from someone. =kentutan
Do not have brain in the head. =pekok/ kenthir
Get hit by thing collapsing on top of one’s head/ body. =kambrukan/ kembrukan
Drinking straight from the bottle without using glass, where whole bottle tip gets into the mouth. =ngokop
Cannot open eyes because something is shining very bright. =blereng
Cannot hold bowel movement. =ngebrok
Something coming out from one’s rear end little by little. =keceret/ kecirit
Hanging on tightly to something in order to be inert. =gondhelan 
Falling/ tripping accidentally because of a hole. =kejeglong
Doing something without thinking about the consequences. =cenanangan
Being overly active carelessly. =pecicilan/petakilan
Feeling unwell because of cold temperature. =katisen
Making too much noise, disturbing other people’s sleep. =mbribeni
Tripping over accidentally caused by wires, cloths, gowns etc. =kesrimpet
Being alone (or with a companion) in the corner of a place/ room doing something suspicious. =mojok
Pretend to be poor/ no money. =ngere/kere
Feeling dirty/afraid of something. =nggilani
Pretend to be homeless, no money and never take shower. =nggembel
A pyroclastic cloud that came out from a volcano. =wedus gembel
Laughing Out Loud. =ngakak

Sumpeeeh ngakak gue bacanya. Setelah itu gue gantian ajarin Nick kata-kata yang sangat tidak akademis sekali seperti, goler-goler, selonjoran, saweran, nginthil.. apa coba bahasa Inggrisnya???
Nah pas ngartiin kata "saweran" yang artinya kira-kira kita ngasih bayaran sama mbak-mbak penyanyi dangdut dengan cara ngelempar uang in a sexual way, tiba-tiba Nick bilang,

"Kita ganti profesi aja bro gimana?" - Lhooooooooo

Kayaknya emang hobi gue deh ngajarin tuh bule-bule bahasa yang aneh-aneh, bahkan cenderung jorok. Habisanya kan bosen kalau belajar bahasa asing tanpa dirasukin bahasa joroknya. Soalnya menurut gue cerita-cerita jorok itu lebih seru dan kosa katanya gampang banget diserep otak yang kecil, kayak otak gue. Karena gue sadar gue bakal sering make tuh kosa kata. Tapi ini sangat ga direkomendasikan di dunia akademis. Gue selalu bermasalah dengan ini. Dulu contohnya pas gue mau ikut EILTS, gue harus nulis essay dalam bahasa inggris dan gue kagok banget nulis pake bahasa akademis yang harus pake topic sentence lah, thesis sentence lah.. bla bla bla... dan bener loh, kerjaan gue ga dinilai dosennya dan dikasih komen, "Your writing is inappropriate." Maaaakkk...... !!!

Masih ngomongin bahasa Jawa. Ga semua orang Indonesia ngerti bahasa Jawa. Nah ini kesempatan nakal sekali buat gue buat ngerjain anak-anak kos yang ga ngeri bahasa Jawa. Sebut saja namanya Dora (nama aslinya Dian, tapi sering dipanggil Dora soalnya suka sama doraemon). Dia ga tau tuh arti kata 'cepirit'.Gue dulu pernah mbajak status facebooknya gini,

"Aku cepirit! Yay"

dan booookkk.... itu dia nge-like statusnya sendiri dong yaaaa.... dan dia sadar bahwa itu gue yang mbajak setelah 6 bulan berikutnya! Padahal gue udah cekakak-cekikik aja waktu itu. Dan tau ga, dia pikir "cepirit" itu artinya "semangat"!! Dari mananya cobaaa?????? Padahal kan cepirit kan artinya pupup dicelana dikiiiiit dan ga disengaja, biasanya pas kentut tiba-tiba keluar aja tuh kopet ya kan?
Gue cerita sama temen gue dari Perth, Tim tentang ini dan dia ngakakkk abisss.. dia bilang, "How come she didn't know it? I even know what cepirit means". Iyee Tim.. pastilah lo tau....secara kita kan suka sama yang jorok-jorok gitu, apalagi kata "cepirit" itu masih kalah jauuuuuh sama kata-kata jorok yang lain yang lo pelajarin (dijejelin) disini kayak.......*tiiiiiiiiiiiiiittttt* ga boleehhh ngomong jorok lagi!!! 

Dan sekarang guepun dapet gelar "mother of saru" dikos ini, soalnya gue sering banget nyumbang cerita-cerita jorok.. tapi kan tapi kan....semua seneng yaaaaaaa???????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar